Cara Mudah Ubah Arus Lampu dari AC ke DC di New Vixion

Hai bro

Ingin arus lampu vixionmu stabil?
Ingin ganti lampu LED atau HID tapi terkendala arus headlamp yang masih AC?

Mungkin juga banyak rider new vixion yang masih kurang puas dengan peforma lampu standar bawaan, dan itu  disebabkan karena arus kelistrikan new vixion itu sendiri yang masih halfwafe (ac), berbeda dengan old vixion yang sudah dc.

Sedikit penjelasan tentang AC dan DC pada lampu,,
arus AC yaitu lampu motor yang mendapatkan suplai listrik langsung dari spul, lampu akan menyala saat mesin dihidupkan dan pencahayaan mencapai mendekati maksimal saat putaran mesin lebih tinggi.
Berbeda dengan DC, dalam kelistrikan DC, lampu mendapatkan suplai listrik dari aki dan tingkat pencahayaan lampu tetap stabil tidak bergantung pada putaran mesin, karena mendapatkan suplai listrik langsung dari aki, lampu bisa langsung menyala saat kunci kontak dalam posisi on tanpa mesin dihidupkan (kecuali vario 125 dan yamaha r25).

Banyak pengguna motor kelistrikan halfwafe khususnya pada new vixion yang ingin meng’upgrade lampunya dengan mengubah arus kelistrikan motornya menjadi full dc maupun dc pada lampu saja.

Cara yang banyak dilakukan yaitu dengan mengganti kiprok tiger (ini cara yang punya hasil paling sempurna karena spull akan full mengisi aki, paling rumit, paling mahal, dan tidak semua orang bisa),

yang kedua dengan menyambungkan kabel kuning menuju kiprok dengan disambungkan ke kabel coklat yang menuju ecu ( cara sederhana, sayangnya perlu potong kabel coklat menuju ecu, sebaiknya jangan karena ecu mempunyai peran penting dalam mesin dan kelistrikan new vixion)

Disini, saya sekedar ingin berbagi tips untuk mengubah arus lampu new Vixion menjadi DC secara sendiri dan saya yakin teman teman semua bisa melakukannya sendiri. Oh ya, tidak menutup kemungkinan cara ini bisa diterapkan di motor yamaha yang lain maupun mungkin motor merk lain karena memiliki sistem yang sama.

Cara paling mudah adalah dengan menyambungkan kabel kuning yang menuju kiprok dengan kabel coklat yang menuju flasher sein. Tidak menbutuhkan waktu lama, maksimal 30 menit itupun jika sambil ngopi #cmiiw

Cara ini akan lebih mudah bila dengan mempraktekkannya

Pertama yang perlu disiapkan:
1. Kabel tambahan +/- 30 CM (pilih kabel yang kualitasnya bagus, diusahakan setara dengan kabel bawaan nvl)
2. Perkakas (obeng, kunci) bawaan nvl
3. Obeng min kecil jika ada
4. Solasi
5. Motor anda

image

Setelah semua telah dipersiapkan, mulai lakukan langkah dibawah ini secara step by step

1. Buka body nvl sisi sebelah kanan (yang saya skotlet hitam)

2. Setelah body terbuka, akan terlihat kiprok berwarna silver yang menyatu dengan rangka

image

3. Lepas soket kabel yang menuju kiprok, dan lepas kabel kuning dari soketnya (tidak perlu dipotong, cukup lepas secara perlahan dan sabar, karena memang sedikit susah)

image

4. Setelah kabel kuning terlepas dari soket, kembalikan/sambungkan kembali soket tersebut ke kiprok (kabel kuning dibiarkan saja, karena kabel tersebut yang akan dihubungkan ke kabel coklat menuju flasher)

image

5. Sambungkan kabel kuning dengan kabel tambahan yang sudah disiapkan, cukup ditutup dengan solasi ( kenap pakai kabel tambahan??? kabel tambahan tsb digunakan untuk menyambungkan kabel kuning menuju kiprok dengan kabel coklat yang menuju flasher sein)

image

6. Sambungkan ke kabel coklat yang menunju flasher sein (flasher sein terletak di belakang lampu rem, di sebelah kiri dekat nomor rangka) Cara menyambungkannya cukup diselipkan  kabel coklat (2 kabel coklat dalam satu tempat) usahakan tidak sampai lepas atau bisa diatur se kreatif mungkin supaya tidak lepas

image

Jika dilihat dari gambar, flasher sein terletak di sebelah kanan, yang terdapat merk “mitsuba”

image

Selipkan kabel tambahan tadi ke kabel coklat menuju flasher, selipkan ke kabel coklat yang 2 buah ke satu lubang

7. Selesai, rapihkan kembali

Setelah selesai, lakukan pengecekan dengan memutar kunci kontak ke on, apabila lampu depan dan belakang menyala saat kunci kontak on tanpa mesin dihidupkan, maka arus lampu sudah dc, dan siap untuk diganti dengan lampu HID atau LED.

image

Mas, apakah aman dan tidak bikin aki tekor???
Motor saya sudah semi DC dengan cara tersebut dan aman selama 2 bulan berjalan dengan lampu halogen 35 watt bawaan new vixion, sekarang lebih aman lagi karena sudah saya ganti dengan headlamp LED yang memiliki watt lebih kecil (low 18 high 24) tapi lebih terang dan pemasangannya pun sangat mudah karena cenderung plug and play.
Untuk memantaunya tegangannya, bisa diberi voltmeter aki yang dijual bebas

image

Saat sudah ganti led, lebih terang bukan?

Oh ya, kekurangan dari merubah menjadi dc dengan cara tersebut yaitu indikator high beam di speedometer menjadi tidak berfungsi/mati, karena indikator tersebut mengambil arus ac, tetapi untuk indikator lainnya tetap berfungsi.

Apakah tombol high beam, pass beam tetap bisa digunakan??
Bisa bangett, no problem

Mas, apakah cara ini hanya untuk new vixion saja??
Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, cara ini dapat diterapkan di motor yamaha yang lain karena dapat dimungkinkan memiliki sistem dan warna kabel yang sama, dan tidak menutup kemungkinan cara ini bisa diterapkan di motor lain pabrikan.

Sering-seringlah untuk selalu melakukan pengecekan terhadap sambungan sambungan kabel tadi, pastikan sambungan kabel tertutup solasi dengan baik untuk mencegah terjadinya konsleting.

Untuk lebih jelasnya, bisa di diskusikan di kolom komentar..
Keep trying and riding…
Sekiaan…

Iklan

159 tanggapan untuk “Cara Mudah Ubah Arus Lampu dari AC ke DC di New Vixion”

  1. Assalamualaikum wr wb
    Terima kasih atas infonya mas, sangat bermanfaat

    Saya izin share link web ini ke yt saya ya

    Nama channel: dikaraidmv

    Suka

  2. Bro, saya udh ngelakuin cara diatas dan berhasil, ketika kontak on lamou nyala normal semua aman dan cahaya lamlu stabil, tp ketika motor dihidupkan tanpa jalan (rpm) rendah, kenapa ya cahayanya gk stabil, seperti motor AC, tp ketika motor jalan (rpm) naik cahaya stabil lg, itu knp ya

    Suka

  3. Bro, saya udh ngelakuin cara diatas dan berhasil, ketika kontak on lamou nyala normal semua aman dan cahaya lamlu stabil, tp ketika motor dihidupkan tanpa jalan (rpm) rendah, kenapa ya cahayanya gk stabil, seperti motor AC, tp ketika motor jalan (rpm) naik cahaya stabil lg, itu knp ya

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s