Hai bro
Ingin arus lampu vixionmu stabil?
Ingin ganti lampu LED atau HID tapi terkendala arus headlamp yang masih AC?
Mungkin juga banyak rider new vixion yang masih kurang puas dengan peforma lampu standar bawaan, dan itu disebabkan karena arus kelistrikan new vixion itu sendiri yang masih halfwafe (ac), berbeda dengan old vixion yang sudah dc.
Sedikit penjelasan tentang AC dan DC pada lampu,,
arus AC yaitu lampu motor yang mendapatkan suplai listrik langsung dari spul, lampu akan menyala saat mesin dihidupkan dan pencahayaan mencapai mendekati maksimal saat putaran mesin lebih tinggi.
Berbeda dengan DC, dalam kelistrikan DC, lampu mendapatkan suplai listrik dari aki dan tingkat pencahayaan lampu tetap stabil tidak bergantung pada putaran mesin, karena mendapatkan suplai listrik langsung dari aki, lampu bisa langsung menyala saat kunci kontak dalam posisi on tanpa mesin dihidupkan (kecuali vario 125 dan yamaha r25).
Banyak pengguna motor kelistrikan halfwafe khususnya pada new vixion yang ingin meng’upgrade lampunya dengan mengubah arus kelistrikan motornya menjadi full dc maupun dc pada lampu saja.
Cara yang banyak dilakukan yaitu dengan mengganti kiprok tiger (ini cara yang punya hasil paling sempurna karena spull akan full mengisi aki, paling rumit, paling mahal, dan tidak semua orang bisa),
yang kedua dengan menyambungkan kabel kuning menuju kiprok dengan disambungkan ke kabel coklat yang menuju ecu ( cara sederhana, sayangnya perlu potong kabel coklat menuju ecu, sebaiknya jangan karena ecu mempunyai peran penting dalam mesin dan kelistrikan new vixion)
Disini, saya sekedar ingin berbagi tips untuk mengubah arus lampu new Vixion menjadi DC secara sendiri dan saya yakin teman teman semua bisa melakukannya sendiri. Oh ya, tidak menutup kemungkinan cara ini bisa diterapkan di motor yamaha yang lain maupun mungkin motor merk lain karena memiliki sistem yang sama.
Cara paling mudah adalah dengan menyambungkan kabel kuning yang menuju kiprok dengan kabel coklat yang menuju flasher sein. Tidak menbutuhkan waktu lama, maksimal 30 menit itupun jika sambil ngopi #cmiiw
Cara ini akan lebih mudah bila dengan mempraktekkannya
Pertama yang perlu disiapkan:
1. Kabel tambahan +/- 30 CM (pilih kabel yang kualitasnya bagus, diusahakan setara dengan kabel bawaan nvl)
2. Perkakas (obeng, kunci) bawaan nvl
3. Obeng min kecil jika ada
4. Solasi
5. Motor anda
Setelah semua telah dipersiapkan, mulai lakukan langkah dibawah ini secara step by step
1. Buka body nvl sisi sebelah kanan (yang saya skotlet hitam)
2. Setelah body terbuka, akan terlihat kiprok berwarna silver yang menyatu dengan rangka
3. Lepas soket kabel yang menuju kiprok, dan lepas kabel kuning dari soketnya (tidak perlu dipotong, cukup lepas secara perlahan dan sabar, karena memang sedikit susah)
4. Setelah kabel kuning terlepas dari soket, kembalikan/sambungkan kembali soket tersebut ke kiprok (kabel kuning dibiarkan saja, karena kabel tersebut yang akan dihubungkan ke kabel coklat menuju flasher)
5. Sambungkan kabel kuning dengan kabel tambahan yang sudah disiapkan, cukup ditutup dengan solasi ( kenap pakai kabel tambahan??? kabel tambahan tsb digunakan untuk menyambungkan kabel kuning menuju kiprok dengan kabel coklat yang menuju flasher sein)
6. Sambungkan ke kabel coklat yang menunju flasher sein (flasher sein terletak di belakang lampu rem, di sebelah kiri dekat nomor rangka) Cara menyambungkannya cukup diselipkan kabel coklat (2 kabel coklat dalam satu tempat) usahakan tidak sampai lepas atau bisa diatur se kreatif mungkin supaya tidak lepas
Jika dilihat dari gambar, flasher sein terletak di sebelah kanan, yang terdapat merk “mitsuba”
Selipkan kabel tambahan tadi ke kabel coklat menuju flasher, selipkan ke kabel coklat yang 2 buah ke satu lubang
7. Selesai, rapihkan kembali
Setelah selesai, lakukan pengecekan dengan memutar kunci kontak ke on, apabila lampu depan dan belakang menyala saat kunci kontak on tanpa mesin dihidupkan, maka arus lampu sudah dc, dan siap untuk diganti dengan lampu HID atau LED.
Mas, apakah aman dan tidak bikin aki tekor???
Motor saya sudah semi DC dengan cara tersebut dan aman selama 2 bulan berjalan dengan lampu halogen 35 watt bawaan new vixion, sekarang lebih aman lagi karena sudah saya ganti dengan headlamp LED yang memiliki watt lebih kecil (low 18 high 24) tapi lebih terang dan pemasangannya pun sangat mudah karena cenderung plug and play.
Untuk memantaunya tegangannya, bisa diberi voltmeter aki yang dijual bebas
Saat sudah ganti led, lebih terang bukan?
Oh ya, kekurangan dari merubah menjadi dc dengan cara tersebut yaitu indikator high beam di speedometer menjadi tidak berfungsi/mati, karena indikator tersebut mengambil arus ac, tetapi untuk indikator lainnya tetap berfungsi.
Apakah tombol high beam, pass beam tetap bisa digunakan??
Bisa bangett, no problem
Mas, apakah cara ini hanya untuk new vixion saja??
Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, cara ini dapat diterapkan di motor yamaha yang lain karena dapat dimungkinkan memiliki sistem dan warna kabel yang sama, dan tidak menutup kemungkinan cara ini bisa diterapkan di motor lain pabrikan.
Sering-seringlah untuk selalu melakukan pengecekan terhadap sambungan sambungan kabel tadi, pastikan sambungan kabel tertutup solasi dengan baik untuk mencegah terjadinya konsleting.
Untuk lebih jelasnya, bisa di diskusikan di kolom komentar..
Keep trying and riding…
Sekiaan…
kalo untuk mio soul gt sama ga bisa ga ikutin cara itu om.
SukaSuka
Gimna om skrg kondisi motornya yg sudah d ganti semi DC masih aman kah ? Skrg udh berapa lama dr waktu pas di ganti ke semi dc ?
SukaSuka
sip berhasil
SukaSuka
Apakah bisa diaplikasikan pada pemasangan lampu tambahan?
SukaSuka
Assalamualaikum wr wb
Terima kasih atas infonya mas, sangat bermanfaat
Saya izin share link web ini ke yt saya ya
Nama channel: dikaraidmv
SukaSuka
min setelah pakai cara itu dan sudah diganti led tapi nyalanye kok agak kedip-kedip itu kenapa ya?
SukaSuka
Tapi kekurangannya lampu senja jadi mati ya ?
SukaSuka
Bro, saya udh ngelakuin cara diatas dan berhasil, ketika kontak on lamou nyala normal semua aman dan cahaya lamlu stabil, tp ketika motor dihidupkan tanpa jalan (rpm) rendah, kenapa ya cahayanya gk stabil, seperti motor AC, tp ketika motor jalan (rpm) naik cahaya stabil lg, itu knp ya
SukaSuka
Bro, saya udh ngelakuin cara diatas dan berhasil, ketika kontak on lamou nyala normal semua aman dan cahaya lamlu stabil, tp ketika motor dihidupkan tanpa jalan (rpm) rendah, kenapa ya cahayanya gk stabil, seperti motor AC, tp ketika motor jalan (rpm) naik cahaya stabil lg, itu knp ya
SukaSuka
Bg, punya sy lampu senjany kok jd g hidup y??
SukaSuka
Hi
As i promised you, i wanna give you 1 month free access to our Fashion members are, here you can find VIP coupons that are not visible to the public eye. http://bit.ly/FashionMember25
Please don’t share the coupons on the internet,
greetings
“Sent from my iPhone”
SukaSuka
Kang mau tanya saya kan pake dua proji yg satu cuma saya pakai lampu tembaknya kenapa lampunya cuma nyala redup yg satu juga cuma hidup devilnya saja. Tapi lampu keadaan normal kalo langsung ke acu.
Trimakasih.
SukaSuka