Honda vs Yamaha dengan Ideologi Desain Mereka

Akhirnya berjumpa juga dengan akhir pekan, dimana tugas yang banyak belum dikerjakan seakan dianggap menghilang selama satu hari.
Saat perjalanan berangkat kuliah, banyak kesempatan untuk melihat berbagai macam kendaraan bermotor dalam berbagai merk, dan akhirnya muncul sedikit sentilan ide menulis tentang ideologi yang dianut pabrikan dalam desain motor mereka, khususnya dua pabrikan motor terbesar tanah air yaitu Honda dan Yamaha.

Selera orang Indonesia terhadap motor itu aneh, tapi juga tidak suka desain yang nyeleh, inginnya keren, elegan, tapi tetep dalam suatu pakem selera secara umum.

Disini awan mau membahas tentang ideologi 2 pabrikan sukses di tanah air dalam membuat desain produknya, dan membahasnya dalam sudut pandang saya sebagai motobike enthusiast, dan juga berdasar sumber2 yang pernah awansans baca di media internet

HONDA
Yang pertama adalah motor paling laris nomor satu di Indonesia, dan juga di Dunia. tidak secara langsung pihak honda jepang ke Indonesia, di Indonesia pemasaran honda diwakili oleh astra dengan nama Astra Honda Motor. Motor ini paling dikenal masyarakat Indonesia, masih banyak orang yang bilang motor=honda

image

Desain honda itu Elegant  dan Excelent! honda menitikberatkan kepada fungsionalitas dan menyesuaikan kemauan rider, you can see honda cbr150 or cbr250 dimana sisi fungsionalitas masih tetap dipertahankan, contohnya dengan adanya behel belakang dan riding style yang bersahabat, intinya mereka akan bilang bahwa motorsports tidak selalu menyusahkan. Karena fungsionalitas tersebut kadang mereka berbeda pakem, dimana motor fairing pada umumnya memiliki lampu yang nyala sebelah, tapi mereka memiliki pakem sendiri dengan dual headlamp on. Begitu pula dengan fitur dimana pass beam dan engine cut adalah fitur wajib di motor sport, honda cenderung menghilangkannya dan malah mengikuti ideologi maticnya dengan tombol klakson ditengah, but its fine, no problem lah.

image

Desain honda itu universal, diterima semua kalangan baik muda maupun tua, desainnya ramah kepada mata, mereka tidak pernah neko neko dalam desain (lihat saja desain cbr 150 sampai dengan cbr 1000rr yang memiliki garis desain yang sama). Dan dilihat dari sisi manapun, desain honda akan terlihat kompak tanpa desain nyeleneh yang mencederai.

Desain mereka everlasting atau akan tetap hidup dalam waktu yang lama, lihat honda cbr 150 generasi awal? Sampai sekarang pun tetap terlihat keren bukan?

image

Fungsionalitas adalah yang paling utama dalam desain honda, mereka mengikuti kemauan rider, kenyamanannya akan membuat kita terbuai didalamnya. Khas honda!
Karena desain mereka yang terlalu ramah, perlu dua kali dan sudut pemikiran sendiri untuk melihat bahwa desain mereka itu keren dan elegan. Dan mengendarai motor honda adalah kemudahan dengan kenyamanan dan fungsionalitas yang ditawarkan, membuat anda akan betah berlama lama mengendarainya.

YAMAHA
Yamaha itu seni, agresive dan racy! setiap desain produk yang mereka buat harus berdasarkan pakem seni yang mereka miliki, begitupun dengan teknologinya.

image

Setiap detail part dibuat sedemikian rupa untuk menunjukan kesan tegas dalam desainnya. Istimewanya, yamaha selalu mengikuti perkembangan zaman dalam desainnya yang up to date dan kadang menjadi sebuah trendsetter dalam desain terbaru, feeling mengendarai motor yamaha akan selalu menghasilkan atmosfer yang berbeda. Meskipun demikian, banyak juga desain barunya yang kurang berhasil, seperti vega zr yg kalah keren dari vega r, atau jupiter z burung hantu yang lebih keren dari generasi selanjutnya.

Dalam setiap desain yamaha yang dibuat harus mengutamakan keindahan, mereka tidak peduli apakah desainnya akan diterima semua kalangan atau tidak, sehingga desain yamaha cenderung diorientasikan untuk kalangan tertentu. Mereka berusaha memaksa orang lain yang tidak menungganginya untuk ikut mengakui bahwa desain yamaha itu emang paling keren.

image

Dalam perbedaan kelas, yamaha selalu membuat diferensiasi desain yang tegas, contohnya dari r125, r15 hingga r1 memiliki desain yang berbeda, hal itu juga menular pada motor motor bebek dan motor sport entry level dibawahnya
Karena ideologinya adalah seni, garis – garis tajam dan desain agresif khas anak muda adalah hal yang wajib ada di produknya, mereka akan selalu mengutamakan keren terlebih dahulu, sehingga fungsionalitas akan dikorbankan (for example yamaha yzf R15), jika produk itu bisa bicara, mungkin mereka akan mengatakan “yang penting keren dulu, fungsionalitas berkurang sedikit tidak masalah”

image

sehingga tidak sedikit orang mengatakan motor yamaha itu melelahkan, mereka dipaksa untuk mengikuti kemauan motornya,

tapi itu atmosfer menyenangkan yang mereka tawarkan, mereka ingin bilang bahwa dalam berkendara itu harus menikmati, karena dalam menikmatinya akan membuat kita terlihat lebih keren bukan? Rasa lelah dan adrenalin naik turun adalah hal yang muncul saat anda turun dari motor tersebut, tapi kemauan untuk mengendarainya lagi adalah hal yang sangat susah untuk ditolak!

image

Conclusion
Desain adalah selera, dan konsumen memiliki selera tersendiri dalam setiap desainnya, ada yang suka desain minimalis tapi tetap elegan, ada pula yang suka desain racy dengan sudut sudut tajam. Dalam menentukan pilihan, konsumen memiliki banyak faktor, entah segi penampilan, fitur, peforma dan layanan aftersales, akan jadi nilai plus jika mereka bisa mendapatkan segalanya, dan itulah yang selalu berusaha diwujudkan oleh setiap pabrika. Dan dengan adanya persaingan, pabrikan dituntut  untuk membuat suatu produk yang baik dan tetap valur for money, dan dengan adanya persaingan itu juga akan membuat konsumen semakin diuntungkan bukan?

Iklan

16 thoughts on “Honda vs Yamaha dengan Ideologi Desain Mereka”

  1. kalau keluarku honda mene honda mene dari supra 2000 sampai sekarang hehe

    kalau gak keberatan follow blog aku ya gan 🙂

    Suka

  2. keluarga aku tu gan kemarin sempat tertarik mau beli NVL eh jatunya beli vario haha , tapi ini aku masih nunggu cb150 r facelift gan tapi gak nongol nongol wkwkw

    Suka

  3. iya rumornya gitu semoga gak mengecewakan supaya bisa jadi vixion killers

    oh iya kemarin aku sempat ke dealer honda dan gak nampak cbr150 r lokal dan dealernya ngomong katanya konsumen banyak yang gak suka sama cbr150 yang lokal jadi gimana nasibnya gan malah orang lebih milih CBSF

    Suka

  4. Saya gak suka yg cbr150 lokal. Kalo disuruh beli,saya tetep nyari yg old cbr karbu. Kemudahan opreknya lebih murah, modelnya jg lebih tahan lama. Hehe

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s