Beberapa Hal yang Harus Kamu Ketahui Saat Kamu Menjadi Mahasiswa FEB UNS

image

FEB UNS, merupakan singkatan dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret, adalah salah satu dari 9 Fakultas yang ada di UNS, fakultas ini membawahi jurusan S1 Akuntansi, S1 Manajemen dan S1 Ekonomi Pembangunan, D3 Akuntansi, D3 Manajemen Bisnis, D3 Manajemen Pemasaran, D3 Perdagangan, D3 Perpajakan, D3 Keuangan Perbankan dan masih terdapat berbagai jurusan lain buat pendidikan S2 dan S3 yang saling belajar mencari dan berbagi Ilmu dalam Fakultas ini. FEB atau sering disebut Fakultas Ekonomi berlokasi di Kampus pusat UNS, kok kampus pusat? Ada kampus daerah juga dong kak? Benar, ada beberapa jurusan dari suatu fakultas yang berlokasi terpisah dari kampus pusat seperti pgsd kebumen (ini yang paling jauuh), pgsd surakarta yang berlokasi di kleco, dan beberapa jurusan lain di beberapa daerah tapi masih dalam satu lingkup kota Surakarta. Pengumuman PMDK sudah keluar, dan pasti sudah ada adik adik calon mahasiswa yang sedikit menghela nafas karena sudah diterima di UNS melalui jalur tersebut kan?. Dan pengumuman SNMPTN adalah hari ini sejak artikel ini saya tulis, bersyukurlah buat adik adik yang diterima dan jangan berkecil hati buat adik adik yang belum lolos melalui jalur tersebut karena masih banyak kesempatan yang bisa adik ikuti baik melalui SBMPTN, PMDK mandiri, dan UMB PT. Buat adik adik yang keterima di FEB UNS dari berbagai jalur tersebut, sebaiknya hal hal dibawah ini perlu adik tau sebagai mahasiswa baru, dan tidak menutup kemungkinan beberapa hal dibawah ini ini juga ada di fakultas lain di UNS, so buat adik adik yang ingin dan sudah diterima di UNS di fakultas lain, juga bisa membacanya kok.

1. Jangan Takut OSPEK, karena Fakultas Ekonomi UNS ospeknya paling nyantai! Ini nih yang pertama kali dipikirkan para mahasiswa baru, yaitu ospek, kalau di UNS namanya OSMARU, kak ospeknya gimana? Kak ospeknya susah nggak sih? Suruh bawa aneh aneh nggak? Adalah pertanyaan paling mainstream diucapkan mahasiwa baru. Santai aja, FEB UNS memiliki ospek yang paling nyantaii. Berdasarkan pengalaman saya, perintah buat membawa benda benda ataupun memakai pakaian pakaian yang aneh-aneh mulai dari mengikat rambut jadi ular seribu tidak akan kalian temui selama ospek disini, dihari pertama kalian hanya harus memakai pakaian atas bawah putih (berlaku buat semua fakultas) dan buat hari berikutnya bebas asalkan sopan. image Hal yang paling berat buat kalian lalui hanya menahan ngantuk karena kita cuma duduk duduk melihat presentasi dari setiap pembicara dan sifatnya indoor, oh ya berdasarkan pengalaman tahun lalu, tugas yang diberikan kepada panitia buat mahasiswa baru hanya membuat makalah (individu/kelompok) yang bisa kalian searching di Internet, dan membuat kerajinan tangan secara berkelompok. Semoga untuk ospek tahun 2015 tidak ada perubahan yang jauh dari tahun sebelumnya.

2. Kalian Akan Bertemu Teman Teman Baru yang Memiliki Pemikiran Bisnis Jenius! Namanya juga Fakultas Ekonomi, mayoritas mahasiswa disini adalah mereka mereka yang intens terhadap ekonomi dan bisnis, bahkan banyak mahasiswa dan teman teman disekitar kalian nantinya yang sudah memulai suatu usaha, jadi jangan heran kalau saat kalian ngobrol dan nongkrong bareng di kampus bakalan lebih banyak pembicaraan pembicaraan yang bertema bisnis, mulai wirausaha, potensi bisnis di solo, saham, maupun ajakan ajakan dari teman untuk ikut seminar bisnis dan memulai bisnis baru adalah hal yang bakalan sering kalian temui disini, pasti bermanfaat dong? Yups, kalian akan dapan masukan masukan baru mengenai jiwa wirausaha, pokoknya nyenengin deh..

3. Jangan Kaget Kalau Dalam Satu Kelas Kamu Tidak Bisa Merasa Paling Pintar Lagi image Kamu orang yang tergolong pandai atau berprestasi di SMA? jangan terlalu jumawa yaa saat pertama kali masuk kampus, hehehe. Teman teman kamu adalah orang yang intens dalam ekonomi, mereka memiliki passion yang hampir sama dengan mu, so jangan kaget kalau kamu dan teman temanmu cenderung memiliki level kualitas yang sama saat kuliah, bahkan ada juga teman kamu lainnya yang mungkin akan lebih unggul pada materi kuliah yang lain, pinter pinter memahami dan mempelajari materi deh

4. Tidak Ada Organisasi Mahasiswa Paling Eksis di FEB UNS Kalau di SMA kalian ada osis, mungkin bisa dikatakan osis adalah organisasi paling eksis di SMA kalian, jadi anggota osis berpeluang sangat besar untuk memiliki banyak relasi di SMA atau yang pengen dikenal orang banyak juga organisasi ini merupakan media nomer satu. Tapi buang jauh jauh deh pemikiran seperti itu saat kalian di lingkungan kampus, hehe. Setiap organisasi disini punya kegiatan dan tujuan masing masing, baik BEM, Dema, ataupun organisasi lainnya punya tugas sendiri sendiri. Kalau berniat mencari banyak relasi, sering sering aktif di organisasi saja.

5. Tidak Perlu Kaget Kalau Banyak Mahasiswa Hedonis di FEB Kaget nggak masuk fakultas ekonomi?? Salah satu pertanyaan yang pernah dikatakan oleh salah seorang alumnus FEB uns kepada saya, fakultas ekonomi sering dikatan salah satu fakultas elit, begitupun mahasiswa nya, mahasiswa bermobil, bermotor, dan jalan kaki jadi satu disini. Gaya sosialita, pakaian ala catwalk, dan tampilan warna warni akan menghiasi hari kamu di kampus, kalian cukup ikuti arus saja, tapi jangan dijadikan alasan buat kalian menjadi mahasiswa yang boros. Buat kalian mahasiswa baru khususnya cowok, nggak perlu muna deh kalau kalian ingin berlama lama di fakultas untuk cenderung nongkrong sekedar me-refresh mata, hehe..

6. Sebagai Mahasiswa Baru, Kalian Akan Bingung Tentang sistem administrasi pendidikan di FEB UNS Kalian akan bingung apa itu KRSan, konsultasi PA dan jadwal jadwal lain saat kalian masuk awal kuliah, mau ngurus surat surat dan tanda tangan pun kalian akan bingung, apa itu fungsi bag. pendidikan, bag.pelayanan kuliah, mau ngurus surat ijin kemana, mau ngurus surat keterangan dimana itu adalah beberapa kebingungan kalian yang akan dihadapi saat awal awal masuk kampus, karena sistemnya jauh banget dari masa SMA. Intinya sering sering buat akses informasi dan aktif di dunia maya, biar kalian nggak ketinggalan informasi 🙂

7. Kalian bisa merasakan kuliah serasa mendekati FTV di Fakultas Ekonomi UNS Kuliah itu nggak seperti di ftv, tapi kalau yang sedikit mendekati ftv itu baru benar, di FEB kalian bisa kuliah sambil nyatai, dan masih bisa menjalankan hobi atau usaha kalian, dan kembali ke poin 5.

8. Kalian akan bisa menjadi mahasiswa yang sering begadang, super sibuk, atau mahasiswa yang nyantai bangett

9. Kalimat PHP Dosen bukan menjadi hal yang asing lagi Masuk kuliah diundur, hari pertama masuk kuliah dosen belum bisa datang mungkin akan kalian temui nantinya, dan kalian akan sering mengalami dosen membatalkan kuliah secara mendadak, nggak enak banget kan??

nah, mungkin cukup itu beberapa hal yang harus adik adik ketahui dari FEB UNS, buat adik-adik yang sudah diterima dan menjadi bagian dari Keluarga Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNS, kami ucapkan selamat datang dan semoga untuk kedepannya akan menjadi pengalaman yang berharga untuk masa depan kalian dan kita 🙂

sekiaannn

—————————–

Pict by : google.com

Email : prastyawan.r@gmail.com

Instagram : @prastyawan_

Twitter : @Riska_Anfield

Iklan

4 thoughts on “Beberapa Hal yang Harus Kamu Ketahui Saat Kamu Menjadi Mahasiswa FEB UNS”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s