Review Pengguna Atas Isu Isu Keluhan Yamaha New Vixion Lightning

awansans.wordpress.com – Bicara suatu produk khususnya otomotif, lebih-lebih produk tersebut adalah produk yang boleh dikatakan memiliki jumlah pengguna yang cukup banyak dan bahkan sangat banyak, akan banyak pula berbagai ulasan dan review terhadap produk tersebut mulai dari komentar positif dan negatif, dan hal itu akan menjadi sumber yang sangat diperlukan bagi setiap perusahaan otomotif untuk melakukan perbaikan dari kekurangan-kekurangan terhadap produknya.

Sedikit flashback

Yamaha Vixion telah menjadi motor sport dengan penjualan tertinggi dalam kurun waktu lebih dari lima tahun ini, penjualan rata rata perbulan mencapai 30.000 unit merupakan hal yang fenomenal, bukan hanya penjualan, pada saat kehadirannya di tahun 2007 yang merupakan produksi dalam negeri (dalam konteks Yamaha Indonesia) pun boleh dikatakan fenomenal pula, yamaha vixion pada masa itu lahir menjadi motor sport lampu bulat yang dikemas dengan desain dan fitur modern nan futuristik. Mesin injeksi SOHC 4 valve berpendingin cairan, Monoshock dengan suspensi Link Monocross, dan desain modern menjadi nilai tawar yang tidak mampu ditandingi dengan pabrikan lain dimana pada masanya mereka masih berkutik dengan mesin air cooled, suspensi dual shock dan karburatornya.

vixion generasi 1 dan 2
vixion generasi 1 dan 2

Tidak ada gading yang tak retak, tidak ada produk yang sempurna, lebih lebih adalah buatan manusia, motor dengan penjualan paling laris pun belum tentu menunjukan bahwa motor tersebut adalah yang terbaik, namun value dan paket motor keseluruhan yang diberikan oleh motor tersebut adalah nilai lebih yang tidak dapat ditolak konsumen. Setiap motor mempunyai keluhan masing-masing, diluar bawaan motor, faktor perawatan pengguna adalah faktor paling utama yang berhubungan dengan kinerja motor tersebut agar tetap berkerja secara optimal.

Vixion Generasi 3 (NVL)
Vixion Generasi 3 (NVL)
Vixion Generasi 4 (New Vixion Advance)
Vixion Generasi 4 (New Vixion Advance)

Berbagai macam isu isu dan keluhan banyak diutarakan para user NVL (New Vixion Lightning) baik melalui grup, blog dan sumber sharing lainnya , sebagai blogger yang kesehariannya menggunakan NVL, sudah satu tahun lebih saya menggunakan New Vixion untuk akomodasi sehari-hari sehingga mungkin boleh dikatakan cukup untuk mereview dari berbagai macam isu-isu keluhan pengguna Yamaha New Vixion dengan dibandingkan dari pengalaman saya sendiri.

Berikut review berbagai macam keluhan Yamaha New Vixion dengan pengalaman saya sendiri, untuk referensi isu keluhan saya dapat dari blog niopangestu, untuk artikelnya klik disini

untuk perbandingan saya pertegas dengan Yes atau No

Yes : Sama dengan yang saya rasakan (mengalami keluhan tersebut)

No : Tidak mengalami keluhan tersebut

1. Suara Mesin Relatif Kasar (YES)

suara mesin relatif kasar disini hanya dalam konteks perbandingan dengan old Yamaha vixion (Generasi 1/lampu bulat dan generasi 2 yaa, feel mesin old vixion saat digunakan memang terasa lebih halus, banyak pengguna beranggapan karena blok old vixion memiliki harga yang lebih mahal (490 ribu) dibandingkan dengan blok/ring piston new vixion yang memilki harga 290 ribu, pihak yamaha mengatakan bahwa blok new vixion (Kode 1PA) bisa lebih murah karena efisiensi dalam mesin pencetakan dimana dalam sekali mencetak mampu mengasilkan 4 blok sekaligus, untuk kualitas? hanya yamaha yang tau, tentu kita tidak bisa berpendapat bahwa mesin relatif kasar tersebut karena alasan blok mesin semata, sebab settingan dan ECU yamaha New Vixion pun berbeda dari vixion sebelumnya, belum lagi adanya penambahan power dimana power new vixion mencapai 17hp. Oh ya, kasar disini masih dalam tanda kutip Relatif dan saya merasakan mesin relatif kasar saat cuaca cukup panas di siang hari. faktor oli pun bisa menjadi pengaruh, bisa disiasati dengan penggunaan oli dengan kualiatas yang lebih bagus seperti Motul Ester 5100 (paling mahal), shell advance atau kalau pengen merasakan sensasi baru, bisa juga dengan aliran sesat dengan menggunakan oli Diesel (HDEO), kok oli diesel??? sudah banyak yang menggunakan kok, bisa gabung di Grup Long Drain Interval Community di facebook untuk penjelasan lebih lanjut 🙂 dan kelebihan oli diesel ini adalah kualitas oli yang bisa tahan sampai 3000km.

Note : Feel Mesin NVL di motor saya sudah serasa halus bahkan disetiap kondisi cuaca, faktor utamanya karena saya ikut aliran sesat tadi dengan menggunakan oli diesel merk Pertamina Fastron Diesel (PFD), sampai artikel ini saya tulis, sudah berjalan 3000km sejak saya mengganti dengan oli PFD tersebut dan belum menunjukkan penurunan peforma kualitas oli, mesin masih tetap halus di setiap rentan Rpm seperti pertama ganti oli, dan sudah saya perkuat bukti dengan mengecek kualitas kekentalan dan warna melalui dipstick. Awalnya saya juga sedikit ragu sebelum mengganti oli ke PFD, tapi Testing is Believing gan 🙂

2. Knalpot Ngebul (NO!)

knalpot New Vixion Lightning yang ngebul
knalpot New Vixion Lightning yang ngebul

Banyak user NVL yang mengeluhkan knalpotnya mengeluarkan asap tipis saat digeber pada Rpm tertentu, dicurigai masalah ini disebabkan karena kualitas ring piston yang buruk seperti yang disebutkan diatas yang mengakibatkan ada oli yang ikut masuk dan terbakar di ruang bakar. Alhamdulilah NVL yang  saya beri nama bianka tersebut belum dan semoga tidak akan pernah mengalami masalah tersebut, sudah saya test geber sampai redline dalam keadaan netral dan no problem. Masalah NVL ngebul mungkin hanya beberapa user saja yang mengalami, dan bisa dengan melakukan klaim garansi perihal masalah tersebut, atau dapat juga diatasi dengan penggantian oli dengan rutin.

3. Headlamp Berisik di Jalan Yang Tidak Rata (NO!)

si Bianka sudah pernah ambruk (dalam kalimat jawa Rubuh) dan sudah pernah saya bawa kepleset dengan mini accident juga, tapi headlamp berisik dan bunyi klotak2 tidak pernah muncul. Kalaupun bunyi klotak-klotak di sekitar headlamp Bianka, itu disebabkan karena adanya benturan antara dudukan plat nomor dan spakbor depan karena sudah saya turunkan sok depan 5cm ditambah dengan pemindahan posisi  plat nomor ke bawah headlamp.

4. Rantai Cepat Kendor (NO!)

Sudah setahun lebih saya menggunakan NVL, dan indikator posisi penyetelan rantai baru mundur sebanyak 2 strip, dan menurut saya cukup hemat rantai karena saya sering berkendara dengan cara yang tidak motorsiawi, hehe. Tips yang saya lakukan adalah sering-sering untuk membersihkan rantai motor minimal setiap kali menyuci motor (untuk saat musim hujan bisa lebih sering lagi) di sikat pakai sikat gigi dengan menggunakan solar yang memang cukup efektif untuk merontokkan kotoran-kotoran dan debu yang menempel pada rantai motor.  Jangan melumasi rantai dengan oli bekas, dan untuk pelumasan sendiri saya menggunakan minyak goreng baru (bukan yang bekas penggorengan lho yaa), alasannya? selain sifat minyak goreng yang tidak membuat debu menempel, minyak goreng juga tidak cepat kering saat digunakan untuk melumasi rantai, hal ini berbeda saat saya menggunakan chainlube yang cepat banget kering dan rantai juga cepat berisik. Dan juga menggunakan minyak goreng juga biayanya lebih murah dibandingkan dengan menggunakan chainlube, kalau ada yang lebih murah dengan kualitas yang lebih bagus, kenapa harus pilih mahal bukan??

5. Kampas Kopling Cepat Hangus (NO!)

kalau yang ini sih tergantun penggunaan, Sampai saat ini belum ada gejala kampas kopling NVL saya minta ganti dan juga belum ada penurunan peforma.

6. Kampas Rem Cepat Habis (NO!)

Sudah setahun ini saya belum pernah mengganti kampas rem baik depan maupun belakang, padahal saya sudah menggunakan piringan cakram lebar untuk rem depan, dan baru kampas rem belakang yang sudah mencapai titik aus maksimum tapi masih bisa digunakan mungkin untuk 500km kedepan.

7. Lampu Belakang Hobi Putus (YES!)

Saya mengalami saat NVL masih berusia 7 bulan dan pas satu tahun (note : setaun 2x) lampu belakang minta ganti karena hanya menyala saat direm, hal ini berbahaya sekali saat kita riding malam hari karena pengendara dibelakang kita tidak bisa melihat secara pasti bahwa posisi kita berada didepannya, biaya penggantiannya cukup murah, hanya 12 ribu di bengkel resmi yamaha. Solusi lain biar lampu belakang awet bro n sist bisa merubah arus listrik NVL ke dc dengan cara yang pernah saya share klik disini atau dengan mengganti rem belakang LED. dan rem LED ini juga harus membutuhkan arus yang stabil (DC).

note : sampai agustus 2015 ini, lampu belakang nvl sudah putus 2 kali

8. Mesin Cepat Panas/ Kipas Radiator sering Menyala (YES!)

Hal ini saya alami saat mengunakan Oli Shell Advan*e AX7, sedikit berhenti beberapa menit saja dalam posisi mesin tetap hidup, kipas radiator akan menyala. Hal tersebut juga dialami saat macet di jalan. Sering sering untuk cek air radiator dan kurangi variasi yang menghambat sirkulasi udara ke mesin dan radiator adalah tips untuk meminimalisir gejala tersebut.

9. Tangki Bensin Bisa Kemasukan Air Juga
I Dont Know, belum pernah coba kuras tangki

10. Penutup Lubang Kunci Tangki Bensin Rawan Rusak (YES!)
Tutup lubang kunci di tanki NVL unyu banget, mudah dibuka dan bunyi “klik-klik” saat dibuka. Percaya dehh, banyak orang jika didekat nvl akan mainin tutup lubang kunci ini, entah anak2 sampai orang tua sekalipun. Efeknya, tutup bakalan cepat oblak.

11. Motor Bisa Mati Mendadak (NO!)

12. Karet footstep / footrest / footpeg cepat habis! (NO)
Masih mulus punya saya dalam pemakaian setaun, apalagi sekarang saya pakai underbone, bakal awet karena sudah nggak dipakai footstep yang asli.

My Bianka gann
My Bianka gann

Mungkin cukup itu beberapa isu isu tentang keluhan new vixion yang dibandingkan dengan NVL yang saya gunakan, dan setiap kendaraan tergantung terhadap user yang merawatnya. Jika kita merawatnya dengan baik, maka motor akan berfungsi dengan baik, kalau perawatan seadanya, yaa wasalam dehh.
Keep safety riding guys 🙂

———————————–

sumber foto : google.com

email : prastyawan.r@gmail.com

awansans.wordpress.com

Iklan

16 thoughts on “Review Pengguna Atas Isu Isu Keluhan Yamaha New Vixion Lightning”

  1. Karet footstep cepet habis, saya yes (mkanya jga ganti pke udb)
    Ngebul? Sudah cek sisa brapa cc stiap ganti oli? Klo berkurang banyak brarti sincan nya ngebul (suka minum oli), kmarin sya pke hx7 drain kurang dari 2000km, sisa oli 700cc kurleb, pdhal hdeo bisa mampu sampe 7500km drainnya
    Klo lampu blakang kok slama 2 taun ini cuma ganti 1x, depan blakang 😀
    Kampas rem cepat abis, aku si Yes (mkanya beralih ke ahm part, bisa subtitusi lho)
    Rante (ori) cengdor, sya yes banget, solusi ganti pke sss
    Mesin kasar? Yes banget itu, mkanya oli disel solusinya

    Suka

  2. numpang share gan,nvl 05/2013
    1.Yes:
    mesin kasar and cepat panas=obatnya meditran sx(budget mepet)ganti tiap 3000km
    dah mulai ngebul tipis=kadang suka main high rpm???
    lampu rem belakang=pake yang led
    2.No:
    rantai sampe sekarang masih bawaan pabrik,yang penting perawatan,sering bersihin+lumasi
    3.Karna tidak motorsiawi+pemakaian:
    komstir dah kena+batok lampu mulai berisik=efek jalanan jakarta yang banyak tambal sulam+shock turun 5cm
    kampas rem ga nyampe setahun=tiap hari jalan(75km pp)

    Suka

  3. 1. Yes
    Khas mesin overstroke
    2. Yes n no
    Klaim ke beres, diganti 1 set blok mesin atas (piston, klep, ring piston, paking, blok mesin atas), skrng udh ga ngebul lagi
    3. No
    4. Yes
    Pake 1set gear rante SSS masalah hilang
    5. No
    6. Yes
    Rem depan setahun 2x ganti, rem blakang aman hampir 2 thn
    7, 8, 9, 10, 11. No, oli pake yamalube supersport, ganti tiap 2000km
    12. Yes
    Khusus yg sblh kiri, kayanya kalah sama sepatu riding, solnya tebel..

    Suka

  4. Tiba tiba mesin mati total YES saya ngalamin sendiri pas overtake untung gk kcelakaan
    Motor ngebul YES ane ngalamin sndiri dan tiba tiba mesin jam mati total roda blkg ngepot ngepot krn roda gk brputar
    Mesi rontok YES stelah mesin jam belah mesin khabisan oli pdhl masih 1000km krg dikit, habis biaya 3jeti
    Kampas gosong YES, touring k gunung bromo dilautan pasir motor bunyi digas kopking dilepas gk mau jalan, ngojek diangkut GL…
    Kecewa YES skrg dah tk jual gnti cbr thai second lansiran 2007, lbh knceng prforma jauh lbh jozzzz

    Suka

  5. tergantung inreyen sama pemakaian mas bro
    punya ane dari baru ngga pake acara inreyen ….langsung gas poll….jadi sekarang efeknya mesin jadi kasar
    kalo masalah panas mesin ane pikir dari bahan mesinnya,yamaha kandungan almunya rada tinggi jadi cepet panas,nah kalo ketemu yang macet2 gampang membara mesinnya….IMHO loh

    Suka

  6. Ikut Sharing Gan

    1. Yes, mungkin udah tua juga Vixi Ane yah (OldVixion’09 – Aka Reds), kudu ganti kampas mungkin yah sama oli yg direkomendasiin di Thread ini. (Ane pake oli Deltalube). blom ke Beres lagi soalnya.

    2. Yes, baru” ini knalpot ane ngebul sekitar beberapa detik (gak smpe 1menit) pas rem mendadak, kalau dicek dari bntuk asap dn baunya, kmungkinan seal atau ada masalah seputar radiator ke mesin kali yah.

    3. No, sofar so good, sampe retak itu paa bulet Reds Ane gan, baru 3kali ganti lampu bohlamnya selama pemakaian, krn sering dinyalain siang malem.

    4. Yes, ane ganti pake Sinnob gan, lumayan terpecahkan.

    5. No, Kmungkinan cara pemakaian juga kali yah? soalnya ane enggak kayak orang kesurupan gan bawanya. tiap hari – 24km gan trayeknya.

    6. Yes, ane pake Kw gan soale Hahaha..

    7. Yes, solusi ane ganti smbungan yg buat lampunya itu gan. maslah ilang.

    8. Yes, makanya klo ke beres ato bengkel biasa sering ane minta tolong cek gan seputar radiator sama olinya juga.

    9. No. pernah dipake buat ujan lebad, sama parkir keujanan ampir tiap hari gpp gan.

    10. No. Motor tua gan wakakaka

    11. No. kemungkinan bisa ya kalo ada konslet gan seputar klistrikan kalo mati mendadak, ane pernah ngalamin, pas nikung atau belok Reds ane Mati, tapi pas lurus nyala. pas ane cek, ada kabel yg kebuka dbawah kunci kontak yg nmpel ke kabel lmpu depan. slusinya buru” diberesin deh.

    12. Yes, udah tipiiis tuh gan punya ane .

    thanks buat sharingnya..

    Suka

  7. cuma sharing aja gan.. sy suka pakai high rpm, sering kebut-kebutan tp kipas jarang nyala bahkan hampir ngk pernah.. tp klo buat jalan pelan dan low rpm kipas udh pasti nyala.. meskipun jarak dekat…

    Suka

  8. entah kenapa pemakaian 2 taun belum genap saya udah habis 2 juta untuk mengganti radiator, pack mesin dan macem2 kendalanya dan motor juga kerap kalli mogok..karena ketidak nyamanan ini saya MERASA JENGKEL.. buat pengguna vixi rajin2 lah merawat karna ini motor paling ribet…

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s